Monday 29 December 2014

Menengok Kawasan Hutan Bakau

Posted by Unknown at 02:10






20 Desember 2014
Tak jauh-jauh dari Jakarta, terletak hutan bakau yang berkembang biak menawan indahnya. Tepatnya di bagian utara Jakarta, di kawasan Pantai Indah Kapuk.

Salah satu kawasan weekend gataway yang patut dikunjungi oleh penduduk Jakarta yang kebingunan mencari tempat hangout selain mall lagi mall lagi. Yup, rasanya bosan sekali melihat rutinitas akhir pekan penduduk metropolitan. Untuk menghilangkan kepenatan paling-paling berkunjung ke mol. Karena aku tidak suka berkunjung ke mol, jadi selalu mencari alternatif tempat apa selain mol yang berharga dan menciptakan pengalaman baru. 

Aku, Reno, Anne, Fajar

Untung saja tak banyak wisatawan yang berkunjung pun jalanan juga tidak macet, serta cuaca sangat bersahabat, sangat cerah. Rasa-rasanya, semesta merestui kunjungan kami ke daerah ini. Ketika memasuki kawasan PIK (Pantai Indah Kapuk) kami seperti tidak berada di Jakarta. Jajaran pertokoan yang rapi dan bersih. Tak berpolusi tinggi serta memiliki tatanan yang nyentrik. Berjajar pertokoan dengan disain yang unik-unik menuju kawasan mangrove. 
Buddha Tsu Chi, dekat dengan kawasan Mangrove


Untuk menuju kawasan hutan bakau, kita bisa naik Transjakarta lalu menyambung angkutan KWK. Tapi, untung saja ada Mami Peri, jadi kami tak repot-repot kesana dengan angkutan umum. Hiihihihi. Biaya masuk ke hutan bakau sebesar Rp 25,000. Di kawasan hutan bakau, kita bisa menyewa perahu Kano Rp 100,000, boat Rp 300,000, dan sepeda untuk berkeliling meliat lebih dekat tanaman bakau. Banyak sudut-sudut yang menarik untuk mengambil foto. Selain itu, kita pun juga bisa menginap di penginapan yang cukup untuk dua orang, ataupun untuk sekeluarga.
Kano, cukup untuk ber-4 namun romantis jika ber-2

Sebenarnya, kita juga bisa berpartisipasi untuk ikut bertanam di situ. Namun, sayangnya kami tidak tahu bagaimana prosedurnya. Setidaknya jika ikut bertanam, kita bisa ikut andil untuk menyelamatkan lingkungan, membantu mengurangi abrasi. 
Kawasan penanaman bibit Mangrove


Jembatan menuju laut lepas

Tag: #mangrove #hutanbakau #weekend #getaway #jakarta #pantaiindahkapuk #kano #boat

1 comments:

Unknown on 30 December 2014 at 00:42 said...
This comment has been removed by the author.

Post a Comment

 

A Great person is the Best Dreamer Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos