Thursday 9 October 2014

Sederhana itu Menyenangkan

Posted by Unknown at 03:19


Gak neko-neko kalau orang jawa bilang. Ya, itulah sederhana. Biasanya kata sederhana mengacu pada sesuatu yang berbau materi. Tapi, apalah itu memang selalu dikaitkan dengan materi. Sederhana itu soal selera seseorang, tentang cara bagaimana seseorang memandang dan menjalani kehidupan.

Gak usah perlu banyak embel-embel, gak usah terlalu rumit, ya biasa saja. Seperti, berpakaian casual, flat shoes/ sandal crocks, dan tanpa make up. Ya, sesederhana itu membuatku lebih nyaman dan PD dalam bergaul. Tanpa harus memakai dress dengan blazer rapi, high heels, dan make up tebal. Semua itu membuatku tampak rumit, terlalu artificial. Tapi apakah itu makna sederhana yang sebenarnya? Entahlah. Makna sederhana itu relatif, tergantung  bagaimana seseorang memaknainya.

Membaca buku, menyesap kopi sambil berimajinasi selama berjam-jam dengan mengenakan kaos over-sized melewati hari-hari tanpa terdistraksi. Sangat sederhana, menikmati hidup di kala luang tanpa diburu-buru ritme hidup yang serba cepat di kota kejam kesayangan ini. Hari berjalan lamban, hanya ada buku, aku dan kopi. Meski kebanyakan orang lebih suka pergi ke mall, menikmati live music di tengah hiruk-pikuk tawa. Ya, akupun senang berkumpul untuk bercengkerama bersama teman. Tapi, hidup lebih sederhana bila tanpa musik, memaknai hidup dalam sepi. Meski, banyak yang mengatakan hidup tanpa musik itu tak berarti.

Sederhana itu bila berteman tanpa mencurigai, peduli tapi tak banyak bertanya. Berteman tanpa harus bergunjing, teman tapi tidak posesif. Saling mengajari tanpa menggurui. 

Sederhana bukan berarti tak memiliki ambisi dan visi dalam mengejar hidup. Tapi hidup tak harus selalu muluk-muluk. Ya, begitulah hidup dalam kesederhanaan, yang berarti hidup bukan dalam kemiskinan. Sederhana adalah pilihan kita dalam hidup. Karena hidup ini tak harus kita jalani dengan rumit dan meminta alasan dalam segala hal. Sederhana berarti bersahaja, bersyukur dan menghargai orang lain tanpa meminta karena sederhana itu menyenangkan.

0 comments:

Post a Comment

 

A Great person is the Best Dreamer Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos